Sejarah Jelangkung

Sejarah Jelangkung

Jelangkung. Sebuah kata yang tidak asing ditelinga kita, banyak sekali cerita jelangkung ataupun cara memanggil jelangkung yang beredar di sekitar kita. Mungkin diantara pembaca, ada yang pernah mencoba dan melakukan proses pemanggilan jelangkung, ataupun hanya melihatnya. Terus sebenarnya apa sich jelangkung?

Jelangkung adalah sejenis permainan boneka kayu yang akan terisi oleh kekuatan ghaib dengan memanggil ataupun mengundah roh. Percaya tidak percaya, jaelangkung (jelangkung) merupakan salah satu permainan yang sangat digemari oleh orang orang jaman dahulu. Hal ini disebabkan adanya kekuatan gaib yang terkandung didalamnya.
Gambar boneka Jelangkung
Permainan jelangkung ini biasa di mainkan oleh 4 orang. Permainan ini bukannya tidak berbahaya. Orang yang tidak mengerti akan alam alam ghaib(masyarakat awam), bila memainkannya terkadang sering terkena imbasnya. Biasanya akan kemasukan (Kesurupan) oleh roh roh yang dipanggil untuk permainan jelangkung ataupun menjadi bahan teror oleh roh penasaran. Untuk pembaca yang mau mencoba, sebaiknya disarankan lebih baik jangan! karena salah salah bisa terjadi hal yang disebutkan diatas. >,< jangan cari penyakit deh >,<


Beberapa mantra memanggil Jelangkung yang beredar dimasyarakat. Yang paling popules adalah menggunakan mantra :
"Jailangkung jailangse 
Disini ada pesta kecil-kecilan 
Datang tak di jemput 
Pulang tak di antar"


ataupun versi kejawen :
"Hong...(...)...ilaheng,heh jagad alusan roh gentayangan,jaelangkung jaelengsat siro(...),ning kene ono(...),siro (...)angslupo,yen siro teko(...) wenehono tondo,(...),Hayo enggalo teko...hayo ndang angslupo(...)."
Dikabarkan juga apabila pembaca memainkan permainan jelangkung ini. Butuh kemampuan khusus untuk mengembalihkan roh yang telah dipanggil. Hal pengembalian roh yang masuk ke boneka jelangkung ternyata lebih sulit dibandingkan dengan proses pemanggilannya.

 Beberapa tahun belangan ini, jelangkung diangkat ke layar lebar tentang film jelangkung dan diikuti dengan sekuelnya yakni tusuk jelangkung. Dengan unsur magis yang ditonjolkan di film ini, toh ternyata banyak menyedot perhatian dari pencinta film Indonesia, yang masih berbau mistis bukannya masalah bau mulut yach :) .

Judul: Sejarah Jelangkung
Rating: 100%based on 99998 ratings.5 user reviews.
Ditulis Oleh Bong Hardy
Terima Kasih Atas Kunjungan sobat...
 
Copyright © 2011 IndoBlogMisteri Ramalan Shio 2013 | Ramalan Bintang Terbaru | Themes by ada-blog.com.